6 Tips Tambahan Berlibur di Jakarta

Bundaran HI (lensaremaja.com)

Halo semuanya, balik lagi di catatan travel bufferdotcom. Sebelumnya kami sudah memberikan 5 tips pertama untuk berlibur ke Jakarta. Bagi yang belum membacanya kalian bisa baca disini. Nah sekarang kami akan memberikan 6 tips berikutnya untuk kalian yang mau berlibur ke Jakarta. So, let's check it out!

1. Ikuti gaya Bang Toyib, pergi pagi pulang malam

Jalan sampai malam (tempo.com)

Ingat, Jakarta selalu macet, waktu kalian mungkin bakal habis di perjalanan. Jadi lebih baik gunakan waktu untuk berkeliling Jakarta daripada kalian menyia-nyiakan waktu untuk istirahat di penginapan.

2. Hindari jam tertentu di beberapa wilayah, macet parah


Daerah Slipi jam pulang kerja, macet parah (tribunnews.com)

Jam macet parahnya Jakarta biasanya saat jam pergi kantor atau jam pulang kantor. Kalau kalian nekat lewat wilayah rawan tersebut, kelar hidup kalian. Usahakan cari jalan alternatif walaupun kalian harus putar-putar. Makanya tujuan kami menyuruh hafali wilayah juga karena alasan ini tadi. Kalau memang tidak bisa ingat, gunakan saja aplikasi Maps kalian, biasa diberikan mana rute yang tercepat.

3. Kalau mau jalan ke daerah yang jauh, usahakan naik tol

Gerbang tol Senayan (pinkkorset.com)

Ini opsional aja, kalau mau cepat sampai ke tempat tujuan, kalian harus merogoh kocek tambahan untuk masuk gerbang tol. Tapi tidak semua daerah ada tolnya, jadi pastikan daerah yang kalian kunjungi ada akses keluar tol atau masuk gerbang tol. Kalau kalian mau lewat jalan dalam kota tidak masalah, asal kalian bersabar dengan macetnya.

4. Naik TransJakarta kalau mau hemat


Trans Jakarta (wikipedia.com)

Tarif TransJakarta termasuk murah berkisar antara 3 ribu sampai 5 ribu rupiah. Perlu diperhatikan, walaupun murah, kalian juga harus siap jalan kaki karena halte TransJakarta mempunyai pola rute masing-masing. Kalian bisa membaca rute yang tersedia di setiap halte atau banyak bertanya agar kalian tidak turun di tempat yang salah. Sebagai contoh, ada halte TransJakarta di daerah RS Harapan Kita, tetapi kalian ingin ke daerah Bunderan Senayan atau sekitarnya. Rute TransJakarta dari RS Harapan Kita tidak melewati Bunderan Senayan, sehingga kalian harus turun di halte Semanggi, kemudian berjalan kaki menuju halte Bendungan Hilir, karena halte tersebut melayani rute ke Bunderan Senayan. Pepatah 'malu bertanya sesat dijalan' berlaku disini.

5. Cari makanan enak tidak melulu mesti ke mal.

Bakso Aan di Meruya, Jakarta Barat

Jakarta begitu kaya akan keanekaragaman kulinernya, jadi tidak usah terlalu sering makan di mal, walaupun ada beberapa kuliner yang hanya ada di beberapa mal tertentu. Banyak sekali makanan seperti warteg, warung pinggir jalan, atau restoran sederhana yang menyediakan makanan enak. Kalian bisa baca lagi bagian Food Diary kami sebagai referensi kuliner. Untuk harga makanan bervariatif tergantung dari tempat makannya.

6. Beli kartu e-money


kartu e-money (kreditgogo.com)

Ini wajib digunakan pada poin 3 dan 4 untuk mempermudah transaksi. Untuk poin 3 masih ada beberapa gerbang tol yang menerima tunai, tapi ada beberapa gerbang tol yang hanya menerima e-money. Kalian bisa beli di Indomaret atau bank yang menyediakan e-money.

Sekian 6 tips tambahan untuk berlibur di Jakarta. Ingat sekali lagi, boleh dijadikan patokan atau tidak. Jangan salahkan admin kalau tidak sesuai dengan kenyataan hahaha. Kalau ada tambahan monggo di comment di bawah. Nantikan terus catatan travel kami berikutnya. Jangan lupa di share dan see you next time.

Post a Comment

0 Comments