Kuliner dan Jalan-Jalan #JadiBisa Dengan Traveloka

Sebagai food dan travel blogger, rasa haus akan menjelejah sudah pasti tidak bisa terelakkan. Untuk memenuhi hasrat itu, banyak sekali yang harus dipersiapkan ketika ingin bertolak ke kota atau negara tujuan. Mulai dari perlengkapan yang harus dibawa, pakaian, tiket pesawat, kamar penginapan, dan lain-lain. Tapi dari itu semua, hal utama yang harus dipersiapkan adalah dananya (itu utamanya) karena tanpa dananya kita tidak bisa membeli tiket pesawat untuk menjelajah ke tempat yang kita inginkan. Reservasi kamar penginapan juga diperlukan karena manusia pasti butuh istirahat sehingga jika tidak istirahat maka kita tidak akan punya tenaga yang cukup untuk menjelajah di esok harinya.

Persiapan untuk traveling (she.id)
Biasanya kita harus memesan tiket pesawat dulu ke maskapai yang kita inginkan, kemudian setelah semuanya selesai baru kita reservasi kamar penginapan yang kita inginkan. Namun menurut saya hal itu agak merepotkan karena kita harus kerja dua kali untuk melakukan transaksi pemesanan tersebut. Beruntung Traveloka mempunyai fitur khusus untuk membeli tiket sekaligus dengan kamar penginapannya. Apalagi Traveloka sering memberikan diskon bagi yang memesan tiket sekaligus dengan penginapannya melalui fitur ini sehingga paling tidak saya bisa menghemat biaya untuk bepergian.

Halaman utama Traveloka di iOS
Pilih kota asal, tujuan, dan tanggal keberangkatan
Pilih daerah penginapan sesuai keinginan
Beberapa waktu silam saya bertolak ke Jakarta karena ingin bertemu dengan keluarga yang kebetulan sedang kerja disana. Saya memilih lokasi penginapan di daerah tersebut karena daerah tersebut begitu dekat kalau mau kemana-mana apalagi ketika ingin naik busway. Gambar diatas merupakan orderan yang sama seperti waktu itu hanya tanggalnya saja dan durasi menginapnya yang berbeda. Setelah mengisi semuanya maka kalian bisa langsung menekan 'Cari Paket' untuk melihat ketersediaan paketnya.




Setelah semua daftar paketnya muncul, maka kalian bisa membandingkan harga paket yang ditawarkan oleh Traveloka. Bagi yang ingin menghemat budget ketika bepergian maka kalian bisa memilih paket yang menurut kalian sesuai. Benar saja, Traveloka sudah memberikan diskon dimana harga yang didiskon itu sudah termasuk semua tarif, biaya, dan pajaknya. Hal ini sudah pasti menjadi kesenangan tersendiri bagi kita yang ingin menghemat biaya untuk bepergian apalagi tiketnya sudah termasuk tiket pulang pergi dan kamar penginapannya. Oh ya Traveloka juga punya fitur Refund dimana jika kita mendadak batal berangkat karena suatu hal, maka kita bisa menarik kembali uang yang kita bayarkan dengan catatan uang yang dikembalikan mengikuti ketentuan dan kebijakan yang diberikan oleh Traveloka ketika memesan paket ini. Maka sangat disarankan untuk membaca info lengkap Refund ketika memesan paket ini karena kalau kalian sudah membelinya berarti menyetujui kebijakan dan ketentuan Refund dari Traveloka.




Setelah cocok dengan paket yang ditawarkan dan sudah melihat ringkasan pesanan kalian maka kalian bisa langsung melanjutkan untuk mengisi data-data kalian. Setelah selesai maka kalian bisa meninjau sekali lagi paket yang kalian pilih apakah sudah sesuai atau belum. Kalau sudah kalian bisa lanjut menuju ke pembayaran.








Metode pembayaran yang ditawarkan oleh Traveloka pun beragam, mulai dari kartu kredit, pembayaran via transfer, dan lain-lain. Kalau kalian memilih pembayaran dengan kartu kredit maka hanya tinggal melalui proses verifikasi kartu kredit dari bank yang bersangkutan.


Kalau kalian memilih pembayaran melalui transfer maka akan muncul tampilan seperti ini setelah memilih bank tujuan. Oh ya disini ada menu 'Kupon' yang bisa kalian gunakan dengan cara melihat promo-promo diskon khusus dari Traveloka sehingga harga paket kalian bisa jauh lebih murah lagi. Untuk saat ini promo khusus pesawat dan penginapan tidak ada ketika 'screenshot' layar ini namun nanti saya akan sertakan tiket sebelumnya yang sudah pernah menggunakan promo khusus dari Traveloka ini. Jika sudah bepergian sebelumnya dengan menggunakan Traveloka, kalian juga akan mendapatkan poin yang akan diakumulasikan sampai jumlah poin yang ditetapkan. Poin ini bisa digunakan untuk memotong harga paketnya lagi jadi bagi yang kalian yang sudah mengumpulkan poin sampai dengan batas yang ditetapkan kalian bisa menggunakannya untuk pengurangan harga. Sudah diskon dari awal pembelian paket, menggunakan kupon dari promo khusus Traveloka, menggunakan poin yang sudah dikumpul untuk potongan harga, ditambah lagi pengurangan kode unik membuat harga paket kalian jadi jauh sangat lebih murah. Kapan lagi kalian bisa berangkat dengan harga yang jauh lebih murah apalagi sudah termasuk dengan tiket pulang pergi dan kamar per malamnya. Jika sudah selesai maka kalian bisa lanjut pembayaran dengan mentransfer nominal harga paket kalian ke rekening yang diberikan.






Setelah melakukan transfer sesuai dengan nominal harga paketnya, maka kalian bisa memilih 'Saya Sudah Bayar' dan bisa mengunggah bukti transfer kalian. Tidak perlu waktu lama setelah kalian mengunggah bukti pembayaran kalian, maka e-ticket kalian akan langsung datang dan kalian juga akan mendapatkan poin tambahan lagi yang bisa kalian kumpulkan untuk mendapatkan potongan harga. e-ticket kalian sudah bisa digunakan. Ini contoh pembelian paket saya yang sudah menggunakan kupon dari promo yang diberikan Traveloka beserta dengan slip pembayarannya.

Receipt paket dan potongan dari promo Traveloka



Tiket siap, kamar penginapan siap, saatnya menjelajah kuliner dan jalan-jalan. Kalau capek tinggal tidur dan lanjut besok harinya. Mau menjelajah kuliner sekaligus jalan-jalan? Traveloka dulu. Semua kemudahan transaksi dalam satu aplikasi membuat kita #JadiBisa kemanapun dan kapanpun.

"This post is an attempt to be chosen as one of winners for '#JadiBisa dengan Traveloka' blog contest"

Post a Comment

6 Comments

  1. traveloka emang praktis ya, aku juga sering pake traveloka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi paling the best deh.. banyak diskon pula, jadinya irit pooool...

      Delete
  2. Jlan jalan terus dengan traveloka mah memang asyikk... jempol dah buat mimin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mau pesan tiket gampang banget.. terbantu banget deh pokoknya..

      Delete
  3. Aplikasi ini ngebantu banget para traveller yaa.. Jadi gampang pesen2 tiket dan hotel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo bnyk diskon, btul-btu bikin hemat budget..

      Delete