[MOVIE] Digimon Adventure tri. Chapter 4 - Loss

Masih ingat Digimon Adventure, cerita dimana anak-anak yang tiba-tiba terdampar di suatu pulau dan malah bertemu monster, tetapi akhirnya mereka berteman dan menjadi partner satu sama lain. Kali ini Digimon Adventure kembali dengan sekuel bertema Digimon Adventure tri dimana plot ceritanya lebih dewasa dan ditujukan untuk penggemar Digimon sejak dulu sebagai bentuk perayaan 15 tahun berjalannya franchise Digimon ini. Mengambil latar belakang 6 tahun setelah Digimon Adventure atau 3 tahun setelah Digimon Adventure 02, kali ini kami akan memberikan ulasan serta kelebihan dan kekurangannya dalam movie ini. Sebelumnya sudah 3 chapter movie dirilis dimana chapter pertama berjudul Reunion (再会, Saikai, Reuni dalam bahasa Indonesia) dirilis pada tanggal 21 November 2015 silam, kemudian chapter kedua berjudul Determination (決意, Ketsui, Keputusan dalam bahasa Indonesia) dirilis pada tanggal 12 Maret 2016, dan ketiga berjudul Confession (告白, Kokuhaku, Pengakuan dalam bahasa Indonesia) dirilis pada tanggal 24 September 2016. Chapter 4 berjudul Loss (喪失, Soushitsu, Kehilangan dalam bahasa Indonesia) dirilis pada tanggal 25 Februari 2017 dimana chapter ini menceritakan hal yang terjadi sesuai judulnya.

Visual art
BEWARE, SPOILER ALERT! (Istilah yang digunakan menggunakan istilah yang dipakai dalam bahasa Jepang)

Digimon Sovereigns
Cerita dibuka dengan adegan dimana terlihat Maki ketika (mungkin) seumuran Taichi saat memulai petualangannya, sedang panik melihat partner digimon serta keempat temannya termasuk Daigo sudah tidak kuat melawan Dark Master. Yang diperlihatkan disini bahwa partner digimon keempat temannya termasuk Daigo dipilih dan diberikan kekuatan untuk berevolusi ke tingkat akhir dimana mereka menjadi Digimon Sovereigns sedangkan partner digimon Maki memberikan tenaga akhirnya dan mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Dark Master. Maki merasakan kehilangan yang amat dalam karena kehilangan partner digimonnya dan bertanya kenapa hanya 4 orang yang terpilih. Ingat bagian cerita Digimon Adventure dimana Gennai bercerita kepada Taichi dkk. bahwa mereka bukanlah orang pertama yang datang ke dunia digital. Bisa dibilang pembukaannya cukup bagus untuk memulai movie ini karena menceritakan kelahiran Digimon Sovereigns dan mengetahui siapakah Original Chosen Childern sebelumnya. Dilanjutkan ke adegan berikutnya dimana mereka bertemu kembali dengan partner digimonnya yang sudah hilang ingatan akibat reboot, mereka mencoba untuk menjalin hubungan seperti dulu tapi tidak mudah untuk Sora dan Piyomon dimana Piyomon merasa curiga akan kebaikan Sora. Di bagian ini mungkin belum terasa intens, tetapi kalian akan sedikit terkejut ketika mengetahui bahwa Meicoomon tidak kehilangan ingatannya dan terus mencari Meiko.


Menuju malam, inti ceritanya mulai terasa dimana Sora merasa sedih karena tidak ada satupun yang mempedulikan dirinya. Taichi mengatakan bahwa sebenarnya Sora memiliki kelebihan dimana ia lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Adegan sedih ini berhenti mendadak ketika Mugendramon menyerang mereka dan mereka tidak bisa berevolusi. Meicoomon menolong mereka dengan membuat dimensi dan memindahkan mereka ketempat aman. Disini mungkin kalian agak dibuat bingung karena mereka dipindahkan ke berbagai tempat dan tidak bersama partner digimonnya masing-masing.


Setelah bertemu Meiko, Meiko pun mengatakan hal yang sama seperti Sora pernah katakan kepada Meiko. Mungkin dari sini Sora mulai berusaha untuk mengatasi masalahnya dan mengingat kembali apapun yang terjadi, Piyomon tetap merupakan partner digimonnya. Setelah melihat gigihnya dia sampai berani rela menolongnya, akhirnya Piyomon mulai menerima Sora. Sora pun merasa bahagia akhirnya mereka bisa memulai hubungannya kembali seperti dulu. Tidak ketinggalan juga Huckmon menampakkan dirinya kepada Daigo dan menjelaskan asal usul reboot dan masih terasa ambigu karena tidak dijelaskan mengapa Gennai mendadak menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya.


Puncak cerita mulai terasa, ketika Piyomon tertangkap Mugendramon dan Sora berusaha menolongnya. Karena Sora memiliki lambang kasih sayang (愛情の紋章, Aijou no Monshou) dan dia sudah mengatasi masalahnya (ramalan dimana berbunyi 'Ketahuilah kekuranganmu dan lampauilah'), akhirnya dia bisa membuat Piyomon berevolusi akhir menjadi Hououmon. Adegan semakin terasa seru ketika Patamon dan Tentomon juga ikut membantu dan mereka juga mampu berevolusi akhir. Seperti movie sebelumnya, ending dari movie ini masih menggantung dimana Meicoomon melepaskan amarahnya dan menjadi Meicrackmon akibat ulah Gennai yang menyerang Meiko sehingga membuat Meiko pingsan.

Poin plus movie ini:
  1. Menjelaskan asal usul Digimon Sovereign dan Original Chosen Childern.
  2. Tema movie yang sesuai dengan ceritanya, dimana Himekawa kehilangan Bakumon, Sora merasa sedih karena dia merasa tidak ada yang peduli, dan Taichi sempat merasakan keraguan ketika ia tidak bisa membuat Agumon berevolusi dan berpikir bahwa semuanya tidak bisa kembali seperti dulu.
  3. Ada beberapa tokoh seperti Yggdrasil ternyata berperan dalam cerita ini.
  4. Tujuan reboot sebenarnya telah terungkap.
  5. Plotmon banyak berperan dalam movie ini dimana dia selalu bertindak sigap dan waspada, intuisinya kuat dan langsung menolong ketika anak-anak terpilih berada dalam keadaan berbahaya. Digimon Adventure pertama tidak banyak menampilkan Plotmon karena sudah berevolusi secara natural menjadi Tailmon.
Poin minus movie ini:
  1. Nasib 02 Chosen Childern masih tidak dijelaskan.
  2. Animasi perubahan evolusi akhir Agumon dan Gabumon lagi-lagi tidak ditampilkan.
  3. Seperti movie sebelumnya, lebih banyak menceritakan tema movie daripada pertarungannya, sehingga waktu pertarungannya tidak terlalu panjang.
Poin tanda tanya movie ini:
  1. Cara Meiko menuju dunia digital.
  2. Mengapa Gennai berubah, apakah dia masih orang yang sama atau bukan.
  3. Apakah Tailmon akan kembali menjadi Plotmon atau tidak mengingat Plotmon terlihat dewasa sama seperti sebelum di reboot.
Bagaimana menurut kalian? Apakah poin diatas sesuai dengan yang kalian pikirkan, atau masih ada yang lain? Kalian bisa membantu memberikan tambahan dengan mengirimkan comment yang berada di bawah. Sekian movie review kali ini, jangan lupa di Share dan sampai bertemu kembali.

Post a Comment

0 Comments